November 19, 2018

China Memberikan Ledekan Kepada Amerika Serikat Untuk Menjual Kapal Induk

China Memberikan Ledekan Kepada Amerika Serikat Untuk Menjual Kapal Induk

informasiberita – China Memberikan Ledekan Kepada Amerika Serikat Untuk Menjual Kapal Induk—China tidak mundur dalam perang dagang dengan Amerika Serikat (AS). Beijing bahkan meledek Washington dengan menyarankan untuk menjual empat kapal induknya agar bisa menutup defisit perdagangan.

Negara adidaya di Asia ini sedang berambisi membangkitkan kekuatan militernya. Negara tersebut bahkan dianggap sebagai salah satu ancaman utama bagi Washington.

Ledekan Beijing disuarakan Poeple Daily, media pemerintah yang menjadi corong Partai Komunis.

“Jika AS menjual empat kapal induk kelas Ford dengan harga masing-masing USD 15miliar, itu akan dengan mudah menebus defisit perdagangan USD60 miliar dengan China,” bunyi editorial media negara tersebut.

Persenjataan militer merupakan isu sensitif bagi AS dan negara-negara Barat lainnya yang bekerja keras untuk melindungi kekayaan intelektualnya. Barat terus berupaya mencegah transfer teknologi yang tidak sah ke China agar Beijing gagal unggul dalam kompetisi.

Pada hari Kamis, pemerintah AS mengatakan akan membatasi ekspor teknologi nuklir ke China mengingat kekhawatiran teknologi itu dialihkan untuk mendukung militer.

Beijing selama ini dituduh mengakali larangan transfer teknologi tersebut dengan meretas rahasia dagang dari kontraktor militer Barat atau merekrut mata-mata untuk mengumpulkan informasi dari para ahli teknis.

Meski ada kekhawatiran seperti iut, raksasa teknologi Barat justru menempatkan diri di China. Apple, misalnya, memiliki rantai pasokan yang mapan di negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu. Seperlima dari pasar penjualan produk Apple berada di wilayah China.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *