Oktober 24, 2018

4 Negara Yang Memiliki Jet Tempur Siluman

4 Negara Yang Memiliki Jet Tempur Siluman

informasiberita – 4 Negara Yang Memiliki Jet Tempur Siluman—Setiap negara berlomba-lomba memproduksi jet tempur ‘siluman’ dengan teknologi yang super canggih. Jet tempur ‘siluman’ memiliki kemampuan untuk menghindari pendeteksian, baik deteksi secara visual, audio, sensor panas, maupun radar .

Secara visual, pesawat lebih sulit untuk terlihat bila mempunyai warna yang sama dengan warna latar belakangnya atau kamuflase. Inilah negara-negara yang memiliki jet tempur siluman.

 

Rusia punya Jet tempur Su-57

Image result for Rusia punya Jet tempur Su-57

Kecanggihan Jet tempur Su-57 buatan Rusia tidak perlu diragukan lagi. Jet tempur ini menggunakan mesin 117S (AL-41F1A) yang mampu memberikan daya dorong hingga 142 kN. Mesin ini mampu menghasilkan gaya dorong lebih besar dan memiliki sistem otomatisasi yang kompleks untuk memfasilitasi mode penerbangan seperti manuver. Jet tempur ini juga sulit terdeteksi musuh karena kecanggihan teknologinya.

Kecepatan Sukhoi SU-57 mampu melesat hingga Mach 2 (2.140 km/jam). Jet tempur ini dilengkapi dengan senapan GSh-301 yang memiliki kaliber 30 mm. Untuk persenjataan rudal, akan digunakan rudal jenis Izdeliye 810, K74, K30, KH38M, dan KH58 USHK. Bom yang diangkut adalah bom berpandu yang memiliki bobot dari 250 kg hingga 1.500 kg.

 

F-117 Nighthawk

Related image

F-117A Nighthawk adalah pesawat serang darat siluman yang hanya dimiliki oleh Angkatan Udara Amerika Serikat. F-117 pesawat dengan jejak radar yang sangat kecil sehingga secara virtual tidak dapat terdeteksi. Karakteristik dari F-117 menggunakan jenis pelapisan material penyerap-radar (RAM=radar-absorban material) dan lapisan penyerap-radar (radar-absorbant screens) yang menutupi inlets mesin. Ujung pintu dan panel akses seperti roda pendaratan dan ruang tempat bom juga bergigi tajam (serrated) untuk menghamburkan gelombang radar.

Jet tempur ini mampu membawa bom kendali/cerdas presisi (precision guided bombs) ke dalam daerah musuh. Persenjataan standar terdiri dari dua bom kendali-laser seberat 905 kg, tetapi berdasarkan laporan misil Maverick dan HARM juga dibawa secara regular.

 

Chengdu J-20

Image result for Chengdu J-20

Jet Chengdu J-20 buatan China menjadi andalan militer negeri tirai bambu ini. J-20 ini memiliki teknologi yang tak kalah dengan kecanggihan Su-57 milik Rusia.

Jet tempur ini mampu terbang dengan mode siluman, kerangka yang tajam dan lancip serta menggunakan material canggih untuk meminimalisir deteksi radar. Selain peralatan canggih, persenjataannya juga mematikan.

 

Dassault Rafale

Image result for Dassault Rafale

Dassault Rafale buatan Prancis memiliki sistem radar yang dilengkapi RBE2 AA, berupa active electronically scanned array (AESA). Alat ini memiliki kemampuan deteksi hingga 200 km. Radar ini diklaim sangat andal dalam mendeteksi lawan dan mengurangi perawatan dibandingkan jenis sebelumnya.

Rafale juga dilengkapi sistem bantuan-pertahanan terintegrasi bernama SPECTRA, yang bisa melindungi pesawat dari serangan udara maupun darat. Kemampuan ini pernah ditunjukkan dalam sebuah pertempuran di Libya, di mana Rafale dapat melaksanakan misi secara independen untuk menghancurkan alat Pertahanan Udara Musuh (SEAD).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *